Curug Malela

Curug Malela berlokasi di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kab. Bandung Barat. Hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati, mengalir melalui Sungai Cidadap – Gununghalu. Sungai Cidadap sendiri nantinya akan bemuara di Bendung Cirata yang merupakan salah satu dari 3 bendungan utama Sungai Citarum. Tingginya sekitar 60-70 meter dan mempunyai lima buah jalur air terjun yang mempesona. Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air terjun sepanjang 1 km. (Foto doc.Cita-Citarum by Darwin Nugraha).

Bendung Curug

Bendung Curug terletak di Desa Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Latar belakang dibangunnya bendung Curug ini adalah untuk mengatasi beberapa permasalahan akibat dibangunnya bendungan Jatiluhur. Pembangunan bendungan Jatiluhur memiliki 3 misi utama yaitu: untuk pemenuhan pengairan, air baku, dan untuk pembangkit tenaga listrik. Pembanguan PLTA mengharuskan tinggi jatuh 80 meter, sehingga di hilir bendungan muka air dibuat serendah mungkin. Akibatnya untuk keperluan irigasi, air minum, serta penggelontoran dibutuhkan proses pemompaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibangunlah bendung Curug. Di bendung Curug air dipompakan untuk daerah pengairan Tarum Barat dan Tarum Timur (Foto doc.Cita-Citarum by Yehezkiel Tommy).

MIMPI MEWUJUDKAN CITARUM YANG LESTARI

Udara yang cukup dingin yang disertai kabut tipis dan hujan gerimis tidak menjadi halangan Pak Nandang meninjau lokasi penanaman tanaman konservasi di kawasan Desa Tarumajaya. Lokasinya berbatasan tepat dengan kebun teh PT. PP London Sumatera Indonesia – Kertasarie Estate atau yang lebih dikenal dengan Lonsum, salah satu perusahan pengelolah teh yang masih bertahan hingga kini.
Selengkapnya

Hutan Mangrove Sedari

Hutan Mangrove di aliran Sungai Sedari. Sungai ini merupakan bagian Sungai Citarum di kawasan hilir tepatnya di Kabupaten Karawang. Mangrove menjadi jalur hijau di sepanjang pantai/muara sungai yang dapat mempertahankan kualitas ekosistem di muara sungai. (Foto doc.Cita-Citarum by Darwin Nugraha)

Curug Jompong

Curug Jompong pada kondisi debit air Sungai Citarum sedang dalam kondisi tinggi. Ketika foto ini diambil, (03/16) kawasan Baleendah-Dayeuhkolot sedang dilanda banjir. (Foto doc.Cita-Citarum by Darwin Nugraha)

Arung Jeram di Citarum

Ruas Sungai Citarum di daerah Bantar Caringin, kawasan Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat ini menjadi pusat pelatihan olah raga air antara lain, arung jeram, river boarding dan kayaking. Kondisi level sungai dan arus airnya sangat bagus karena terdapat Waduk Saguling yang dapat mengatur ketinggian dan debit aliran air.

Citarum Roadmap dan Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program (ICWRMIP) merupakan gambaran strategi, rencana dan pelaksanaan yang memetakan posisi saat ini dengan visi, hasil dan tujuan yang ingin kita capai di masa depan untuk pengelolaan terpadu sungai Citarum. Visi bersama untuk Citarum ini juga disebut sebagai CITA-CITARUM.

Visi Cita Citarum :
Pemerintah dan masyarakat bekerja bersama
demi terciptanya sungai yang bersih, sehat dan produktif,
serta membawa manfaat berkesinambungan bagi seluruh masyarakat di wilayah Citarum

Berita & Artikel

  • CITARUM: PRIORITASKAN DAERAH BERMASALAH

    DATA dan studi Sungai Citarum sudah sangat lengkap. Meskipun demikian, untuk membahas masalahnya, baik lewat pendekatan daerah aliran sungai maupun dari perspektif wilayah sungai, ruang ini tidak akan pernah cukup. Terlalu kompleks!

    Selengkapnya...

  • MIMPI MEWUJUDKAN CITARUM YANG LESTARI

    Udara yang cukup dingin yang disertai kabut tipis dan hujan gerimis tidak menjadi halangan Pak Nandang meninjau lokasi penanaman tanaman konservasi di kawasan Desa Tarumajaya. Lokasinya berbatasan tepat dengan kebun teh PT. PP London Sumatera Indonesia – Kertasarie Estate atau yang lebih dikenal dengan Lonsum, salah satu perusahan pengelolah teh yang masih bertahan hingga kini.

    Selengkapnya...

  • MEMPROMOSIKAN KONSERVASI LAHAN TERPADU

     “Banjir saat musim hujan dan kekeringan saat musim kemarau adalah indikator yang  menunjukkan fakta bahwa telah terjadi kerusakan Daerah Aliran Sungai. Kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang kritis, terutama di bagian hulu, telah menurunkan kemampuan daya dukung pasokan air”, ungkap Ir. Prasetyo Nuchsin, MM, Direktur Perluasan dan Pengelolaan Lahan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian menyikapi semakin menurunnya kondisi lingkungan Sungai Citarum.

    Selengkapnya...

  • BUPATI CIANJUR MENDUKUNG KELANJUTAN PROGRAM CWMBC

    Cianjur/Kamis 26/11/2015. Bupati Cianjur, Drs. H Tjetjep memberikan pernyataan untuk mendukung kelanjutan program pelestarian hulu DAS Cianjur (Citarum Watersheed Management and Biodiversity Conservation). Pernyataan tersebut disampaikan pada acara seminar exit strategy ICWRMIP-CWMBC di kantor Bappeda yang dihadiri dari perangkat SOPD Cianjur, perangkat desa dan kecamatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial serta kelompok masyarakat.

    Selengkapnya...

Profil Tokoh Citarum

Laporan Citarum

Buku Tamu

Ririn Saraswati

Tanggal Posting : Kamis, 25 Februari 2016 21:26

Alamat Email:ririnsaraswatistiani@gmail.com

Uraian : Assalamualaikum. Saya sedang melakukan penelitian di Kelurahan Andir Kabupaten Bandung. Saya membutuhkan data mengenai kondisi Sungai Citarum saat ini. Apakah bisa membantu memberikan data? atau instansi apa yang perlu saya kunjungi untuk memperoleh data tsb? Terima kasih.

Tanggapan :
Saudari Ririn Yth. Terimakasih telah berkunjung ke website kami. Untuk mengetahui kondisi saat ini ada beberapa studi yang telah dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, saudari dapat menghubungi melalui Telp. +62 22 7564073, Fax. (022) 7505760 atau melalui website www.bbwsc...

Asep Iqbal Rohmana

Tanggal Posting : Jumat, 04 Maret 2016 00:47

Alamat Email:iqbalsadulah@gmail.com

Uraian : perkenalkan saya iqbal dari Pangalenganm, kalau ingin berkontribusi dalam kegiatan citarum bestari sebaiknya menghubungi siapa ya? salam lestari

Tanggapan :
Saudara Iqbal Yth, Terimakasih telah berkunjung ke website kami. Untuk informasi keterlibatan dalam kegiatan Citarum Bestari, saudara dapat menghubungi BPLHD Provinsi Jawa Barat sebagai koordinator pelaksanaan kegiatan tersebut dengan alamat: JL. Naripan No.25, Sumur Bandung, Kota Bandung ata...

Peta Citarum

logo GIS6

IME Citarum

Infografis Citarum

Infographic Citarum Roadmap

Infographic Citarum Now

Infographic Community Participation

webgis

Arsip Berita