Indonesia   |    English   

Sungai Citarum Terindikasi Jadi Saluran Pembuangan Limbah

Pikiran Rakyat, Selasa, 07/05/2013

http://www.pikiran-rakyat.com/node/233984

KARAWANG, (PRLM).- Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang mengindikasikan jika sungai Citarum sudah berubah menjadi aliran pembuangan limbah. Pasalnya, limbah industri maupun limbah rumah tangga dibuang ke sungai tersebut.

“Sepertinya Sungai Citarum telah berubah fungsi menjadi saluran pembuangan," ujar Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian BPLH, Bambang Triatno, di kantornya, Selasa (7/5/13).

Dikatakannya, saat ini limbah rumah tangga atau domestik mengalir bebas ke sungai besar yang membelah Karawang Kota tersebut. Pembuangan limbah secara dumping dilakukan pula oleh sejumlah perusahaan nakal.

Padahal, lanjut Bambang, limbah industri hanya boleh di buang ke sungai setelah melalui proses pengolahan terlebih dahulu."Seharusnya masing-masing perusahaan memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL), sehingga air yang dibuang ke aliran sungai sudah kembali bersih," tukas Bambang.

Dikatakan juga, kontribusi pencamaran Citarum dari limbah rumah tangga mencapai 70 persen. Sisanya merupakan limbah pabrik yang tidak diolah terlebih dahulu.

Dijelaskan, salah satu limbah rumah tangga yang cukup berbahaya dan mengalir bebas ke Citarum adalah air sabun atau detergen dialirkan ke sungai adalah. “Selama ini kami hanya melakukan pengawasan terhadap pembuangan limbah industri. Sementara limbah domestik tidak terkontrol, padahal limbah jenis itu sangat signifikan dalam mencemari sungai," kata Bambang.

Dijelaskan, untuk mengelola limbah rumah tangga, Pemkab Karawang seharusnya memilik IPAL terpadu. Namun hal itu belum bisa dilakukan karena untuk membangun IPAL diperlukan anggaran yang tidak sedikit. (A-106/A-88)***